Unsur 6A Dalam Membuat Ide Iklan Gila

ide gila dalam pembuatan iklan

Dalam mempersiapkan atau mengelola sebuah pengembangan konsep ide, kita mengenal apa itu “Brain Storming”, mungkin ada yang menyebutnya “cuci otak“.  Mengelola cara berpikir konseptual dengan menghubungkan tujuan produk dan mencari cara komunikasi iklan yang memerlukan cara berpikir yang didasari pada apa yang orang pikirkan, sehingga bisa melahirkan apa yang tak terpikirkan , itu salah satu dasar pertimbangan ide.

Kenapa orang menyukai sesuatu karena hal-hal yang sering mengganggu pikirannya? atau hal-hal yang berputar-putar dalam ingatan? atau sesuatu yang membuat emosi menjadi berubah : menyukai atau membenci. Keduanya adalah hasil yang sama : Sama-sama melekat dalam ingatan!

Hal-hal seperti itu yang menjadi pertimbangan kita sebagai konseptor untuk “bermain dengan pikiran-pikiran itu”. atau kita membuat sesuatu yang mengejutkan dan terlihat gila!

Mari kita sepakat untuk percaya bahwa hal-hal yang tidak lazim, luar biasa, mengejutkan, tidak terpikirkan, out of box atau kegilaan lainnya akan dapat memberi dampak ingatan yang kuat dalam pikiran orang, setidaknya kesan yang melekat. ini adalah kesempatan untuk memasukkan pesan secara kuat dalam pikiran orang lain. mari kita membuat kegilaan itu!

Mempersiapkan sebuah konsep, setelah mengetahui tujuan komunikasi produk, mulailah dengan membayangkan apa yang terjadi bila dilakukan dengan cara yang tidak biasa. “Yeah, it’s amazing!, Luar biasa! atau “ini Gila!” itu yang kita harapkan menjadi ungkapan pertama dari target konsumen dan seterusnya menjadi keinginan atau perasaan penasaran untuk lebih tahu tetntang produk itu.

Jadi Mengapa tidak? Ide iklan dengan cara yang gila, ini sekedar petunjuk, Beberapa hal bisa “diputar/twist” untuk menjadi sesuatu yang “Gila”, tentunya dibutuhkan kepintaran dan Sense of Humor anda.

Dibawah ini terdapat unsur 6A dalam membuat ide iklan gila :

  1. Apa Akibat paling Besar bila sesuatu dilakukan secara ekstrim?

Anda akan membayangkan seseorang yang bersepeda dengan kecepatan 100 kph setelah memakan Snack  yang mengandung energi tinggi.

  1. Apa akibat paling konyol ketika sesuatu dilakukan tanpa prosedur yang benar?

Coba bayangkan jika seorang wanita sexy memakai bikini melintas diruangan kantor anda..Atau seorang pengemudi mobil ketika berhenti pada traffic light langsung membuka pintu dan menurunkan satu kakinya ke tanah, disebelah pengemudi motor..

  1. Apa hal yang paling besar, paling kuat atau paling cepat yang dapat dilakukan sebuah benda kecil?

Bayangkan sebuah jarum dapat membuat seseorang terkejut luar biasa  dan melompati jendela kaca rumah.

  1. Apa yang paling menggangu ketika kita sedang membutuhkan konsentrasi?

Anda akan sangat terganggu ketika sedang memacu mobil dalam kompetisi Rally sementara Co-driver membicarakan pemandangan yang indah atau berceloteh tentang kegagalan kencannya …

  1. Apa hal mudah yang tidak pernah orang lakukan?

Coba anda berbicara hal yang biasa dengan rekan sebelah meja anda tapi sambil tertawa sepanjang pembicaraan…atau berjalan mundur dengan tujuan bahwa waktu akan berputar mundur kebelakang..

  1. Apa hal paling lucu atau buruk ketika sesuatu dilakukan berlebihan?

Anda akan tahu bagaimana rasanya memakan cabai secara berlebihan….:), bisa juga dipikirkan tentang akibat terlalu sering berjemur di pantai..?

Ini hanya sedikit petunjuk untuk membangunkan energi “kegilaan” yang sedang bersembunyi didalam otak anda. Banyak hal-hal gila lainnya yang tidak terbatas, tentunya seberapa besar daya imajinasi anda terhadap benda, kejadian, pikiran, kebiasaan dan bentuk lain yang luar biasa…kembali kepada bagaimana anda bisa “memutar” sesuatu yang biasa menjadi tidak biasa dan membuat orang-orang tersentak dan memikirkan apa yang telah terjadi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×